RSS

Pengertian Dari LCD Monitor

03 Mei

LCD singkatan dari Liquid Crystal Display, mengacu pada teknologi di balik monitor panel datar populer. LCD monitor  berbeda dengan  CRT monitor tradisional , yang  memiliki ukuran  besar dengan ketebalan beberapa inci dan berat 13-23 kilogram atau lebih, sementara LCD biasanya memiliki ketebalan 1-3 inci ( 2,5 – 7,5 ) cm  dan berat kurang dari 4,5 kilogram.

Pada mulanya LCD display digunakan pada komputer laptop sebelum teknologi meningkat dan akhirnya di pakai pada  monitor desktop. LCD monitor  terdiri dari lima lapisan yaitu  backlight, selembar kaca terpolarisasi  , mask piksel berwarna  , lapisan larutan kristal cair responsif terhadap kotak kabel dari koordinat x, y, dan selembar kaca terpolarisasi kedua.

Dengan memanipulasi orientasi kristal melalui muatan listrik yang tepat dari berbagai derajat dan tegangan, tindakan kristal seperti jendela kecil, pembukaan atau penutupan sebagai respon terhadap rangsangan, sehingga memungkinkan derajat cahaya yang telah melewati piksel warna yang spesifik untuk menerangi layar, menciptakan gambar.

Sebagai teknologi LCD berkembang, teknik yang berbeda untuk menghasilkan warna emerge. Active-matrix atau TFT (thin film transistor) teknologi menghasilkan warna dan gambar setajam  CRT apapun dan biasanya dianggap lebih unggul dari teknologi pasif matriks.
 
Penting untuk dipertimbangkan saat berbelanja untuk LCD monitor termasukrasio kontras , kecerahan (atau “nits”), sudut pandang , dan respon waktu.
Rasio Kontras berkaitan dengan perbedaan perbandingan antara nilai tampilan yang putih cemerlang dan nilai-nilai paling gelap hitam. A higher contrast ratio will have truer colors with less “wash out.” Sebuah rasio kontras lebih tinggi akan memiliki warna lebih nyata dengan “wash out” lebih rendah. Penawaran standar untuk model lebih rendah umumnya 350:1. Banyak ahli merekomendasikan rasio kontras 500:1 atau yang lebih baik.
Kecerahan , Monitor LCD terang daripada CRT, memberikan alasan kecil pada konsumen  untuk berburu model terutama model yang lebih cerah. Kecerahan diukur dalam nits, atau satu candela per meter persegi. Di manapun nilai 250-300 nits adalah standar. Jika nits jauh lebih tinggi Anda mungkin akan memilih dengan cara menyesuaikan kecerahan rendah.
Sudut pandang adalah sebuah pertimbangan penting terutama jika Anda berencana untuk memiliki beberapa orang melihat LCD monitor pada suatu waktu tertentu. Ada vertikal dan sudut horizontal spesifikasi penglihatan , yang mengacu pada gelar Anda dapat menyimpang dari tengah-tengah gambar sebelum mulai wash out. Tingkat kontras tinggi biasanya  lebih di pilih karena sudut pandang jadi lebih luas. Banyak yang merekomendasikan sudut pandang minimal 140 derajat horisontal dan 120 derajat vertikal. Semakin sudut lebih luas, itu semakin baik.
Respon waktu , respon diukur dalam milidetik (ms) dan mengacu pada berapa lama waktu yang dibutuhkan pixel untuk berubah dari putih menjadi hitam sepenuhnya dan kembali lagi. Nilai yang lebih kecil merupakan respon waktu lebih cepat dan lebih diinginkan, terutama untuk bermain game atau melihat video. Jika waktu respon lambat, ” ghosting “atau” trailing “dapat terjadi dengan gambar yang bergerak cepat, sebagai repaints layar tumpang tindih. Sebuah waktu respons maksimum harus tidak lebih dari 25ms untuk penggunaan umum, dan 17ms lebih baik. Banyak gamer tidak ada laporan ghosting dalam menggunakan LCD monitor dengan respon waktu  16ms atau kurang.

LCD menggunakan hanya sepertiga daya listrik untuk satu setengah daya istrik dari CRT monitor. Juga jauh lebih baik pada mata, menggunakan 90% ruang lebih sedikit, dan hanya beberapa kilogram beratnya. LCD monitor juga memancarkan radiasi jauh lebih rendah dibandingkan CRT monitor. Hal ini membuat LCD pilihan yang cocok untuk hampir semua orang, dan ideal untuk orang-orang yang bekerja sepanjang hari di depan layar. Warna dapat berubah atau pindah ke batas luar dari sudut pandang, terutama pada layar dengan sudut pandang yang sempit dan rasio kontras rendah. Untuk alasan ini profesional grafis yang memerlukan menuntut konsistensi warna tanpa melihat sudut umumnya menggunakan CRT, LCD meskipun telah dingkatkan dalam hal ini.

Sebuah LCD monitor berukuran standar dari 15-inci sampai 21-inci, atau lebih besar. Ukuran layar tampilan adalah sama dengan tampilan rate, tidak seperti CRT monitor. Oleh karena itu LCD 15-inci akan memiliki tampilan layar 15-inci.

Kelemahan pada LCD monitor adalah lampu latar.  Banyak LCD monitor yang datang dengan 3 tahun garansi , tapi menetapkan 1 tahun garansi untuk lampu latar. Model dengan garansi 3 tahun yang mencakup latar biasanya biaya lebih sedikit tetapi mungkin bernilai investasi tambahan.

Contoh dari LCD monitor yaitu Samsung LCD monitor dengan USB power dan Dual Screen LCD monitor .
Lihat juga contoh kerusakan pada LCD monitor.  Dan juga kerusakan yang sering di jumpai pada monitor Dell M781.

http://www.sisilain.net/2010/07/pengertian-dari-lcd-monitor.html

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 3 Mei, 2012 in SMP Kelas VII

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: