RSS

Tipe Data Pada Microsoft Excel

06 Mar

Setiap sel pada microsoft excel berisikan data-data. Data-data tersebut memiliki 6 jenis tipe yang diperlakukan berbeda pada setiap sel. Untuk mengisi sel dengan data, kamu dapat menggunakan pointer dengan mengklik sel yang diinginkan dengan mouse. Setelah sel yang diinginkan telah disorot oleh pointer, maka kamu dapat langsung mengetikan data.
Dalam microsoft excel data dibagi menjadi empat.

1. Data Angka (numeric)
Data angka adalah data yang biasanya digunakan untuk operasi perhitungan, Data angka dapat berupa angka 0 sampai dengan 9, +, -, =, $, dan (…). Contoh : 20000, +20000, -20000, = 20000, $20000, (20000).

Data tersebut setelah diketik pada lembar kerja excel, akan tampak seperti dibawah ini. Apabila angka diawali tanda – atau terletak pada tanda kurung akan menghasilkan nilai negatif. Apabilan diawali dengan tanda = atau + akan menghasilkan nilai positif. Sedangkan jika diawali dengan tanda $ akan menghasilkan nilai dengan format currency (nilai mata uang) dengan disisipi tanda koma.

Contoh data angka

Contoh data angka



Biasanya kita menggunakan tanda titik(.) untuk memisahkan nilai ribuan, jutaan, dan seterusnya agar memudahkan membaca angka tersebut. Namun secara default, kita tidak diijinkan memasukan data dengan menggunakan pemisah titik, tetapi pemisah harus menggunakan koma karena setting regional yang berlaku secara default adalah bahasa inggris, dimana pemisah angka menggunakan koma. Misalnya untuk menulis angka 20000 maka harus diketik 20,000 apabila ditulis 20,000 maka nilai itu dianggap bernilai 20.

2. Data Teks/Label
Data teks/label merupakan data umum, seperti pada aplikasi pengolah kata. Data ini tidak akan dapat dihitung. Data ini diawali alfabet (a-Z), karakter selain data angka, dan alphanumeric(gabungan angka dan teks).

Perbedaan antara data teks dan angka terletak pada perataan teksnya. Pada teks data akan merapat ke kiri, sedangkan pada numerik data akan merapat ke kanan.

3. Data Tanggal (date)
Data tanggal hanya berlaku untuk jenis tanggal yang menggunakan pemisah garis miring (/) atau menggunakan tanda minus(-) sebagai pemisah antara tanggal, bulan, dan tahun. Misalnya, 5/4/1974 bisa saja berarti 5 April 1974 atau 4 Mei 1974, tergantung format regional yang berlaku dalam excel. Secara default berlaku format bulan/tanggal.tahun. Namun, apabila anda menulis data dengan pemisah minus, misal 5-apr-1974, sudah pastitanggal tersebut 5 april 1974. Bila ditulis 5-4-1974, akan berubah menjadi 4/5/1974.

4. Data Waktu (date)
Data waktu biasanya ditampilkan dalam bentuk jam. Sistem waktu yang digunakan adalah 12 jam sehingga pada akhir pengetikan waktu ditambajkan huruf a untuk AM dan PEMINJAM untuk PM. Misalnya 10:30 pagi maka pengetikannya 10:30 a, sedangkan 10:30 malam diketik 10:30 PEMINJAM atau diketik dengan format 24 jam, yaitu 22:30

5. Fungsi
Fungsi adalah suatu data pada microsoft excel yang membantu dalam perhitungan.Suatu fungsi bisa menghemat kita dalam menyelesaikan perhitungan yang sama dan berulang-ulang seperti mencari hasil perhitungan yang sama setiap kolom atau baris atau mencari nilai dari data tertinggi yang dimiliki suatu deretan sel kolom atau baris. Selain itu terdapat fungsi logika yang dapat membantu pengambilan keputusan. Contoh: SUM, MAX, MIN, IF

6. Rumus(Formula)
Rumus adalah perhitungan yang dibuat oleh pengguna microsoft excel dengan tujuan tertentu. Rumus harus diawali dengan tanda ‘=’, ’ +’, atau ‘-‘ dan dapat berisi data label, numeric, maupun fungsi.

http://tutorial.yodey.net/artikel/2011/1/tipe-data-pada-microsoft-excel.html

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 6 Maret, 2012 in Excel

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: