RSS

Mengenal Pesan Error pada Formula Excel

06 Mar

Ketika Anda bekerja dengan Excel, seringkali mendapat pesan – pesan error yang berkaitan dengan formula yang Anda buat. Pesan error ini memberikan petunjuk penyebab dari errornya formula dan membantu memperbaiki kesalahan dari formula tersebut. Berikut pesan – pesan error tersebut :

1. #####
Excel menampilkan error ini ketika lebar kolom tidak cukup untuk menampilkan isi dari cell atau cell mengandung format tanggal/waktu yang menghasilkan nilai negatif.
Untuk mengatasinya Anda dapat menambah lebar kolom atau mengganti format tanggal/waktu sehingga menghasilkan nilai yang benar.

2. #DIV/0!
Excel menampilkan error ini ketika pada formula yang Anda buat terdapat pembagian dengan 0 (nol) atau dengan cell yang tidak bernilai (kosong). Pada Excel nilai 0 atau cell kosong tidak dapat digunakan untuk membagi dalam sebuah formula.

3. #NAME?
Excel menampilkan error ini ketika Excel tidak dapat mengenali sebuah nama yang digunakan pada formula. Contohnya, nama range pada formula yang terhapus, salah mengetikkan fungsi, teks pada formula tidak diapit tanda kutip (“), atau tidak menyertakan tanda titik dua ( : ) pada alamat range.

4. #NULL!
Excel menampilkan error ini ketika Anda menggunakan Intersection Operator pada dua range yang berhubungan pada sebuah formula. Misalnya seperti gambar berikut :

Excel

Excel

Intersection Operator dalam hal ini adalah tanda spasi yang memisahkan referensi dalam formula. Contohnya jika Anda membuat formula
=SUM(A1:A3 C4:C7) maka akan muncul pesan error #NULL!.

5. #NUM!
Excel menampilkan error ini ketika dalam sebuah formula atau fungsi terdapat kesalahan penggunaan bilangan. Contohnya Apabila formula menggunakan fungsi worksheet yang iterate (Mengulangi kalkulasi worksheet sampai kondisi spesifik bilangan ditemukan), seperti fungsi IRR atau RATE, dan fungsi tersebut tidak dapat menemukan hasilnya, atau apabila formula yang Anda buat menghasilkan bilangan yang terlalu besar atau terlalu kecil untuk ditampilkan di Excel.

6. #REF!
Excel menampilkan error ini ketika mengacu pada referensi cell atau range yang salah. Contohnya, Anda telah menghapus cell yang diacu oleh formula atau Anda telah menyalin cell yang Anda pindahkan ke atas cell yang mana diacu oleh formula.

7. #VALUE!
Excel menampilkan error ini ketika formula yang Anda buat mengandung cell yang berisi tipe data yang berbeda. Contohnya, jika Anda membuat formula =DAY(C6), padahal tipe data pada C6 adalah teks, maka akan muncul pesan error #VALUE!.

8. #N/A
Excel menampilkan error ini ketika nilai cell not available untuk fungsi atau formula. Biasanya ini terjadi pada fungsi LOOKUP yang mana cell berisi nilai yang tidak terdapat dalam tabel LOOKUP atau data pada tabel LOOKUP tidak mengurut secara alphabet.

http://mugi.or.id/blogs/raddini_gusti_rahayu/archive/2011/09/13/mengenal-pesan-error-pada-formula-excel.aspx

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 6 Maret, 2012 in Excel

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: