RSS

Fungsi Pembacaan Tabel Dengan VLOOKUP

01 Feb

Fungsi VLOOKUP merupakan sebuah fungsi yang telah disediakan oleh microsoft excel untuk menghitung /mengambil nilai dari sebuah tabel referensi kemudian dimasukkan ke tabel kerja. Fungsi VLOOKUP akan menghitung nilai tabel referensi secara vertikal.
Bentuk umum dari fungsi VLOOKUP adalah:
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)

  • lookup_value adalah data yang akan dicocokkan.
  • table_array adalah tempat pencarian data.
  • col_index_num adalah data pada kolom keberapa yang hendak diambil.
  • range_lookup (optional) adalah nilai logika yang dimasukkan, jika diisi TRUE maka
    akan dicari sampai data terdekat, sedang jika diisi FALSE maka akan dicari data
    yang sama persis.

Berikut ini langkah-langkah untuk membuat formula Vlookup jika tabel referensi dan tabel kerja dalam sheet yang sama:
1. Membuat tabel referensi ( background kuning), data yang ada di tabel ini harus di urutkan dari nilai kecil ke besar(A-B atau 0-9)
2. Membuat tabel kerja (background biru)

Vlookup

Vlookup


3. pada sel D2, ketik:
=VLOOKUP(C2,$F$2:$G$5,2)

Copy formula D2 sampai D11 (atau sesuai kebutuhan datanya)

Hasil dari Vlookup

Hasil dari Vlookup

 
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: