RSS

10 FAKTA TENTANG UANG

29 Okt

Inilah 10 fakta tentang uang versi majalah TIME:
1. Uang Kertas Terbesar

Uang Kertas Terbesar

100000-piso


Berukuran selembar kertas legal(21,59cm x 35,56cm), uang kertas tunggal terbesar di dunia ini bernilai 100.000 peso yang diterbitkan oleh pemerintah Filipina tahun 1998. Dirancang untuk merayakan seabad kemerdekaan dari penjajahan Spanyol uang ini hanya ditawarkan pada kolektor, yang mau membeli selembar uang edisi terbatas ini senilai 180.000 peso, atau sekitar 37 juta rupiah.

2. Satu Banding Satu Juta
1:1000000

Uang kertas dengan nilai tertinggi dikeluarkan oleh Bank of England dengan nilai £1,000,000, dikeluarkan tahun 1948 sebagai satuan sementara selama rekonstruksi setelah perang dalam Marshall Plan. Dirancang hanya untuk digunakan oleh pemerintah AS, uang kertas ini kemudian dibatalkan setelah beberapa bulan, hanya sedikit yang sampai ke tangan publik. Tapi karena uang ini tidak diterbitkan lagi bukan artinya tidak bernilai lagi — tahun 2008, satu dari dua uang yang selamat dilelang senilai $120.000.

3. ATM Pertama di Dunia

ATM Westminster Bank di London tahun 1968.

Mungkin saja ini ide terbaik bagi orang di dalam bak mandi sejak masa Archimedes. Ketika mandi, sang penemu, John Shepherd-Barron mencetuskan apa yang disebut sebagai automatic teller machine (mesin pelayan otomatis; anjungan tunai mandiri) pertama di dunia, meskipun klaimnya terhadap barang itu masih dipersengketakan. Ia memberikan barang tersebut pada bank Britania Raya, Barclays. Bank itu menerimanya, dan model pertama dibangun dan dipasang di London tahun 1967. Meskipun mesin ini menggunakan kode PIN (personal identification number), konsep Shepherd-Barron juga mengklaim telah menemukan bahwa ATM ini bergantung pada cek yang dicetak dengan karbon isotop radioaktif 14 untuk melakukan penarikan uang, karena pengkodean magnetis untuk kartu ATM belum dikembangkan. Satu perbedaannya yang unik dari ATM modern: ATM pertama itu tidak memungut biaya.

4. Asal Usul $

Dollar Symbo

Dollar Symbo


[dollar]

Tak seorang pun tahu asal usul tanda dolar ( $ ), tapi Lembaga Percetakan dan Penerbitan AS punya cerita yang bagus. Lembaga pemerintah yang bertugas mendesain dan menerbitkan semua uang dolar ini mengatakan, desain ini awalnya digunakan untuk melambangkan peso Spanyol dan Meksiko, “P S,” ditulis seperti itu sehingga S berada di atas P. Simbol ini banyak digunakan sebelum keluarnya dolar kertas pertama AS tahun 1875. Kalau Anda tak pernah mengetahuinya, simbol tersebut tak pernah muncul di uang kertas AS.
[usd1]

Dollar Kertas

Dollar Kertas


Silakan cek apakah ada $ atau tidak. (klik gambar untuk versi besar)

5. Anda tak Bisa Membawanya Selamanya

[dollar-life-span]

Semua uang kertas pasti dipakai. Semakin kecil nilainya, semakin sering Anda memakainya — dan masa hidupnya semakin pendek. Uang $1 hanya bertahan 21 bulan, sementara uang Ben Franklin dapat bertahan lebih dari tujuh tahun. Sepanjang waktu, tentunya karena inflasi, nilainya terus menurun — jadi Anda harus menghabiskannya secara cepat.

6. Polisi Pemalsuan Uang Amerika Serikat

[us-secret-service]

Setelah Perang Sipil, mata uang palsu menjadi masalah besar di AS — lebih dari sepertiga uang kertas dipercayai palsu — sehingga pemerintah dipaksa bertindak. Tahun 1865, sebuah divisi khusus Departemen Keuangan dibentuk untuk mencegah pemalsuan sebelum menghancurkan sistem ekonomi bangsa ini. Lembaga ini masih melawan uang palsu sampai hari ini, tapi lebih dikenal karena agen-agen berbaju hitam dan SUV yang mengintimidasi — itulah Agen Rahasia Amerika Serikat, yang juga melindungi Presiden dan pemimpin politik lainnya. Presiden Abraham Lincoln meresmikan Agen Rahasia tanggal 14 April 1865 (ironisnya, hari itu juga ia dibunuh di Ford’s Theater); misinya meluas menjadi perlindungan presiden penuh waktu setelah pembunuhan Presiden William McKinley tahun 1901. Lembaga beranggotakan 6.500 orang ini dipindahkan ke Departemen Keamanan Dalam Negeri tahun 2002.

7. Semua Tentang Elizabeth

[elizabeth-banknote]

Dari Australia hingga Trinidad dan Tobago, wajah Ratu Elizabeth II telah mewarnai mata uang 33 negara — lebih banyak dari wajah tokoh lain. Kanada adalah yang pertama menggunakan wajah ratu Britania, tahun 1935, ketika negara ini menerbitkan Putri yang masih berusia 9 tahun pada uang kertas $20. Selama bertahun-tahun, 26 wajah berbeda Elizabeth digunakan di Britania dan koloni, jajahan dan teritori saat ini dan masa lalu — kebanyakan atas perintah langsung untuk menerbitkannya pada uang kertas. Tetapi, di sejumlah negara, seperti Rhodesia (sekarang Zimbabwe), Malta dan Fiji, menggunakan wajah yang sekarang. Ratu sering diperlihatkan mengenakan busana formal lengkap mahkotanya, meskipun Kanada dan Australia memilih menampilkannya dengan busana biasa dan perhiasan. Dan sementara banyak negara memperbarui mata uang mereka menampilkan usia Ratu yang semakin tua, negara lain terus menampilkan Ratu masih muda. Ketika Belize mendesain ulang uang kertasnya tahun 1980, negara ini memilih wajah Ratu yang masih berusia 20 tahun.

8. Uang Kotor

[cocaine-dollar]

Semua uang dapat dicuci: benda ini kotor. Penelitian menunjukkan bahwa mayoritas uang kertas AS terkontaminasi kokain. Penyelundup obat-obatan biasa menggunakan tangan berlumuran kokain untuk memindahkan uang, dan banyak pemakainya menggulung uang menjadi sedotan endus; kuas dan penggulung di ATM dapat menyebarkan ingus dari hidung ke seluruh persediaan uang😛 (yuck!)

Juga ditemukan: tinja. Laporan tahun 2002 oleh Southern Medical Journal menyebut penemuan patogen — termasuk staphylococcus — pada 94% uang kertas dolar yang diteliti. Uang kertas dapat membawa lebih banyak kuman daripada kuman seisi toilet rumah tangga. Uang kertas adalah lingkungan bersahabat untuk mikroba kotor: virus dan bakteri dapat menetap di sebagian permukaannya selama 48 jam, tapi uang kertas katanya dapat mengangkut virus flu hidup selama 17 hari. Saatnya pindah ke kartu kredit😀

9. Bangsa dengan Inflasi Tertinggi

[100-trillion-zimbabwe]

Untuk menangani hiperinflasi yang mencapai tingkat luar biasa 231 juta % dan harga satu loaf roti mencapai 300 milyar dolar Zimbabwe, pemerintah bersatu Zimbabwe yang baru dibentuk — termasuk para pesaing Presiden Robert Mugabe dan Perdana Menteri Morgan Tsvangirai — mengeluarkan uang kertas bernilai $100 trilyun pada awal Januari 2009. (Seratus trilyun adalah 1 dengan 14 nol — menjadikannya uang kertas dengan denominasi tertinggi di dunia.)

Berminggu-minggu kemudian, para pemimpin memutuskan untuk membakar dolar Zimbabwe yang terlalu berlebihan devaluasinya dan mulai membolehkan masyarakat berbisnis dengan mata uang lain. Maksudnya untuk mencegah inflasi selama beberapa bulan hingga Juli 2009. Seseorang pasti berharap uang $100 trilyun tersebut agar tidak dihabiskan di satu tempat saja.

10. Uang Kertas Pertama

[china-wall]

Uang kertas pertama digunakan oleh bangsa Cina, yang mulai membawa uang lipat selama Dinasti Tang (618-907 M) dan menggunakannya selama lebih dari 500 tahun sebelum praktik ini masuk ke Eropa di abad ke-17. Sementara dibutuhkan seabad atau dua abad agar uang kertas tersebar ke seluruh dunia, Cina telah mengalami krisis finansial: produksi uang kertas berlebihan sehingga nilainya menurun, mendorong inflasi tinggi. Akibatnya, Cina menghapus uang kertas seluruhnya tahun 1455 dan tidak menggunakannya lagi selama beberapa ratus tahun. Fakta lain: kata ‘cash‘ atau ‘kas‘ sebenarnya digunakan untuk menyebut jenis koin perunggu bulat dengan lubang persegi yang banyak digunakan di Dinasti Tang, disebut kai-yuans.

http://yusufmath.blogetery.com/2011/09/28/10-fakta-tentang-uang/

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 29 Oktober, 2011 in Tahukah Kita

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: