RSS

Cara Menampilkan Format Angka Excel di Mail Merge Word 2007

13 Jan

Ada satu permasalahan yang muncul di dokumen utama mail merge saat menggabungkan data dari Excel yang berupa angka.

Seperti contoh gambar data Excel berikut ini.

Data Source

Data Source

Saat ditampilkan di dokumen utama mail merge, hasilnya menjadi seperti gambar berikut. Rp617.500,00 menjadi 617500, semua format berupa: pemisah angka ribuan dan desimal, simbol mata uang, dan persentase hilang.

Data Master

Data Master


Namun, tidak perlu khawatir. Ada cara mudah agar format angka di Excel tidak hilang saat ditampilkan dalam mail merge.

    Berikut cara membuatnya:

  1. Di dokumen utama atau Dokumen Master mail merge Word 2007, klik tombol Microsoft Office Button
    Office Button

    Office Button

    .
  2. Klik Word Options untuk membuka kotak dialog.
  3. Klik Advanced dan di bagian General, centang kotak Confirm file format conversion on open.
  4. wordoptions_general

    wordoptions_general

  5. Klik OK untuk menutup kotak dialog Word Options.
  6. Selanjutnya kita akan menggabungkan dokumen utama dengan data source di Excel.
  7. Pada Mailings tab, grup Start Mail Merge, klik Select Recipients.
  8. mailmerge_selectrecipients

    mailmerge_selectrecipients

  9. Pilih Use Existing List, dan cari lokasi file Excel pada kotak dialog Select Data Source. Kemudian klik pada nama file Excel tersebut dan klik Open.
  10. Word akan menampilkan kotak dialog Confirm Data Source. Centang kotak Show all sehingga tampilannya akan seperti ini.
  11. Confirm Data Source

    Confirm Data Source

  12. Selanjutnya pilih MS Excel Worksheets via DDE (lihat contoh gambar di atas) dan klik OK.
  13. Klik OK untuk menutup kotak dialog Named or cell range.
  14. Named or cell range

    Named or cell range

  15. Sekarang kita akan menempatkan data dari Excel.
  16. Taruh kursor di posisi untuk data source mail merge. Pada tutorial ini, kursor diletakkan di samping tulisan Angka A. Kemudian pada Mailings tab, grup Write & Insert Fields, klik Insert Merge Field dan pilih Angka_A.
  17. Lakukan juga hal yang sama pada Angka B dan Angka C. Sekarang tampilan dokumen akan seperti contoh di bawah ini. Data ditampilkan dalam tanda kurung siku dua <<data field>>.
  18. Data field

    Data field

  19. Klik tombol Preview Results.
  20. Preview Results

    Preview Results

  21. Tampilan angka di dokumen utama mail merge Word 2007 akan seperti gambar berikut. Lengkap dengan format angkanya seperti di Excel.
  22. Hasil

    Hasil

http://computer1001.blogspot.com/2011/02/cara-menampilkan-format-angka-excel-di.html

About these ads
 
4 Komentar

Ditulis oleh pada 13 Januari, 2012 in Pembelajaran TIK, SMP Kelas VIII

 

4 responses to “Cara Menampilkan Format Angka Excel di Mail Merge Word 2007

  1. xxx@yahoo.com

    4 April, 2012 at 12:16 pm

    makasih, membantu banget :)

     
    • Siti Fatimatuzzuhroh

      8 Juni, 2012 at 10:02 pm

      Terimakasih banyak semua ilmu yang telah saudara barekan, ini sangat bermanfaat bagi saya

       
      • arifin01

        9 Juni, 2012 at 2:38 am

        Sama-sama :-)

         
  2. buna10

    4 September, 2012 at 4:41 am

    bagaimana cara menampilkan hasil bagi di masternya, spy desimal angka yg terlihat itu angka 0, bukan angka selain 0?misal hasil di tampilan formula bar 7,33 spy tampilan di masternya 7,00 itu caranya bgmn mas?mksh sebelumnya…

     

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: